Selasa, 06 Desember 2011

Tidur Nyenyak di Bawah Lautan

Tidur Nyenyak di Bawah Lautan

Kamar pribadi yang disewakan di Ithaa Underwater Restaurant/BBC
Kamar pribadi yang disewakan di Ithaa Underwater Restaurant/BBC
FLORIDA - Tidak ada yang pernah mengungkapkan bahwasanya tidur bersama ikan-ikan di laut adalah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Adanya hotel bawah laut pun telah lama menjadi sebuah mimpi panjang bagi para arsitektur, wisatawan, dan orang-orang yang berjiwa futurist.

Tetapi kini, wacana yang hampir menjadi mimpi belaka, direalisasikan di Dubai. Negara yang kini terkenal dengan bangunan-bangunan megah nan modernnya itu, kini memiliki sebuah hotel mewah bawah laut bernama, Dubai’s Hydropolis.

Hotel mewah yang berlokasi di kedalaman 20 meter Teluk Persia ini telah dirancang untuk dijadikan hotel mewah bawah laut pertama yang ada di dunia. Sayangnya, resesi global menjadikan proyek tersebut hingga kini belum terselesaikan, demikian lansir BBC, Rabu (30/11/2011).

Selain Dubai's Hydropolis, ada juga penginapan bawah laut yang bernasib sama, yaitu Fiji’s 24-room Poseidon Undersea Resort. Penginapan bawah laut ini sebelumnya dijadwalkan akan dibuka pada tahun 2008, tetapi mengalami penundaan hingga tahun 2011 ini. Kini penginapan bawah laut di kepulauan Fiji tersebut diperkirakan sudah akan dibuka di akhir tahun 2012.

Jika kebanyakan rencana pengoperasian penginapan mewah bawah laut masih belum jelas, kesuksesan justru melekat pada usaha penginapan bawah laut sederhana, yang hanya menyediakan satu atau dua buah kamar dengan fasilitas yang minim.

Jules Undersea Lodge (Pondokan bawah laut Jules) yang terletak di Florida, misalnya. Pondokan ini hanya memiliki luas 600 meter persegi dan terletak di kedalaman 21 kaki di bawah permukaan. Untuk dapat mencapai pondokan bawah laut ini. Para tamu diharuskan menyelam terlebih dahulu ke tengah-tengah laguna yang dilindungi.

Biaya menginap di pondokan bawah laut ini permalamnya mencapai USD500USD hingga USD600 (sekira Rp4,5 hingga Rp5,5 juta) untuk satu orang. Harga tersebut sudah mencakup peralatan selam, akses menyelam ke laguna dan makan malam disajikan di pondok.

Selain itu adapula penginapan bawah air lainnya bernama Utter Inn di Vasteras, Swedia. Penginapan ini terletak di tengah Danau Malaren. Untuk mencapai penginapan ini, para tamu diharuskan berlayar terlebih dahulu ke tengah danau untuk sampai ke sebuah tongkang yang mengambang di atas danau tersebut dengan struktur pintu masuk sederhana berwarna merah. lalu, para tamu diharuskan turun tangga terlebih dahulu untuk sampai ke kamar mereka yang berada di kedalaman tiga meter di bawah dek. Harga penginapannya mulai dari 12.000 Krona (mata uang Rusia) (sekira Rp922 ribu) per minggu.

Pilihan ruangan bawah laut lainnya yang jauh lebih mewah yaitu di Ithaa Underwater Restaurant (Restoran Bawah Laut Ithaa) yang terletak di Maladewa. Restoran ini memiliki ruang penginapan yang per malamnya dihargai dengan harga yang amat fantastis, yakni USD11.710 atau sekira Rp107 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk makan malam dan sampanye pribadi serta sarapan di tempat tidur.

Jika Anda berminat, Anda harus memesan ruangan ini setidaknya 14 hari sebelum hari yang Anda rencanakan. Selamat mimpi indah di bawah laut!

0 komentar:

Posting Komentar